STIE Bank BPD Jateng Gelar Kajian Ramadhan Tiap Hari Selasa

Ustadz Romdloni, AH sebagai pemateri Kajian Ramadhan di Mushola Lantai

STIE Bank BPD Jateng Gelar Kajian Ramadhan Tiap Hari Selasa

Ustadz Romdloni, AH sebagai pemateri Kajian Ramadhan di Mushola Lantai 3 STIE Bank BPD Jateng, Selasa (27/4/2021)

SEMARANG – STIE Bank BPD Jateng menggelar kajian ramadhan dan buka puasa bersama setiap hari selasa di mushola lantai 3 dengan menghadirkan ustadz Romdloni, AH sebagai pengisi kajian, Semarang, Selasa (27/4/2021).

Kajian ramadhan tersebut mengkaji tentang meraih keberkahan nuzulul qur’an dan berharap mendapat lailatul qadar dengan dihadiri dosen dan karyawan sebanyak 20 orang.

Sebelum kajian, acara diawali dengan tadarus dan khataman qur’an bersama-sama.

Dalam sambutannya, Ali Mursid SS.MM,Ph.D selaku Wakil Ketua III menyampaikan bahwa dalam menyambut malam lailatul qadar sebaiknya kita lebih tekun dalam beribadah dan memperbanyak tadarus qur’an. 

Menurut ustadz Romdloni, bulan ramadhan tidak hanya waktu malam lailatul qadar saja, tetapi semua kebaikan yang kita lakukan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

“Di bulan ramadhan itu tidak hanya malam lailatu qadar saja, tetapi semua kebaikan yang kita lakukan itu dilipat gandakan. Bahkan sunah-sunah yang kita lakukan nilainya wajib dan diam kita nilainya tasbih” ungkap ustadz Romdloni.

“Untuk menyambut nuzulul qur’an, kita harus yakin seyakin-yakinnya bahwa al-qur’an yang sering kita baca dan al-qur’an yang kita miliki di rumah itu adalah wujud dari firman allah” tambahnya.

Ustadz Romdloni mengatakan, bahwa proses turunnya al-qur’an dari Allah SWT melalui perantara malaikat Jibril dan kemudian disampaikan langsung kepada Nabi Muhammad SAW.

“Proses turunnya al-qur’an dari Allah SWT itu melalui perantara malaikat Jibril dan kemudian disampaikan langsung kepada Rasullullah SAW dalam jangka waktunya kurang lebih 23 tahun” tutur ustadz.

“Kita harus yakin bahwa al-qur’an adalah firman allah karena proses diterimanya sampai kepada Rasullulah SAW itu adalah sesuatu yang benar. Dan kita harus yakin bahwa apa yang ada di dalam al-qur’an itu benar” sambungnya.

Al-qur’an berisi tentang informasi, pengetahuan, dan sesuatu yang baik. Al-quran adalah obat yang bisa mengobati sesuatu yang nampak dan tidak nampak, sesuatu yang kelihatan dan tidak kelihatan.

“Al-qur’an ialah sumber dari segala informasi, pengetahuan, dan sesuatu yang baik atau benar. Al-qur’an juga dapat mengobati segala jenis penyakit yang ada pada diri manusia ketika kita mau mempelajarinya” ucapnya.

Imbuhnya, ketika kita mau bersungguh-sungguh belajar al-qur’an, maka al-qur’an akan mengarahkan kita menuju jalan yang lurus dan di ridhoi oleh allah. Tidak hanya itu, allah juga akan memberikan kemudahan dalam hidupnya.

Selain itu, ustadz Romdloni menyampaikan tentang malam lailatul qadar. Bahwa lailatul qadar itu pasti datang pada malam hari mulai tanggal 1 ramadhan sampai akhir ramadhan.

“Lailatul qadar itu pasti datang dan datangnya pada malam mulai tanggal 1 ramadhan sampai akhir ramadhan. Yang perlu kita lakukan yaitu ibadah sholat isya’, sholat tarawih, sholat witir, tadarus qur’an, dan sholat subuh. Karena malam lailatul qadar itu kebaikannya melebihi 1000 bulan atau sekitar 84 tahun” tutupnya.

Sementara itu, menurut humas STIE Bank BPD Jateng, Savia Aida Putri, karena masih dalam keadaan pandemi Covid-19, acara hanya dihadiri olah pihak internal. Setelah kajian selesai, dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah di mushola lantai 3.

Comments