STIE Bank BPD Jateng Gelar Kajian Ramadhan dan Buka Bersama

Khoirul Amin, S.Ag AH sebagai pemateri Kajian Ramadhan di Mushola

STIE Bank BPD Jateng Gelar Kajian Ramadhan dan Buka Bersama

Khoirul Amin, S.Ag AH sebagai pemateri Kajian Ramadhan di Mushola Lantai 3 STIE Bank BPD Jateng, Selasa, (20 April 2021)

SEMARANG - STIE Bank BPD Jateng menggelar kajian ramadhan dan buka bersama di mushola lantai 3 dengan menghadirkan Bapak Khoirul Amin, S.Ag AH sebagai pengisi kajian, Semarang, Selasa (20/4/2021).

Kajian ramadhan tersebut mengkaji tentang keutamaan di bulan ramadhan dengan dihadiri dosen dan karyawan sebanyak 30 orang.

Sebelum kajian, acara diawali dengan tadarus dan khataman qur’an bersama-sama.

Dalam sambutannya, Ali Mursid SS.MM,Ph.D selaku Wakil Ketua III menyampaikan bahwa acara kajian ramadhan seperti ini sebaiknya diadakan setiap tahunnya, karena dapat menambah ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Menurut ustadz Khoirul, puasa bukan hanya diwajibkan untuk umatnya Rasulullah SAW, Nabi Daud AS pun sepanjang hidupnya berpuasa.

“Puasa itu bukan hanya diwajibkan untuk umatnya Rasulullah SAW, puasanya Nabi Daud AS lebih spektakuler yaitu satu hari puasa satu hari tidak dan itu berjalan sepanjang hidup Nabi Daud AS” ungkap ustadz Khoirul

“Walaupun puasanya Nabi Daud itu yang paling spektakuler, ternyata masih kalah dengan puasanya kita umatnya Nabi Muhammad SAW. Sebab di dalam ramadhan itu ada peristiwa lailatul qadar” tambahnya

Ustadz Khoirul mengatakan, ketika malam lailatul qadar kita melakukan ibadah itu sama halnya seperti kita beribadah selama 83 tahun atau seribu bulan.

“Apabila kita beribadah di malam lailatul qadar, ibadah kita sama seperti orang yang beribadah selama 83 tahun. Ketika malam lailatul qadar kita melakukan ibadah sholat isya, sholat tarawih, sholat witir, dan tadarus qur’an itu sama seperti ibadah selama 83 tahun atau seribu bulan” tutur ustadz Khoirul

“Tidurnya orang puasa adalah ibadah, artinya walaupun tidur akan bernilai ibadah karena kita akan meninggalkan kebiasaan kita membicarakan orang lain” katanya

Maka, imbuhnya, diam nya orang yang berpuasa itu sama dengan berdzikir, dzikirnya kita sama seperti orang yang sholat sunah, dan sholat sunah nya kita pahalanya seperti orang yang sholat wajib. Orang yang sholat wajib saat puasa pahalanya dilipat gandakan oleh Allah SWT sebanyak 72 kali lipat.

Selain itu, dirinya menyampaikan bahwa hikmah orang yang berpuasa akan terhindar dari sifat sombong, serakah, dan tamak.

“Hikmah orang yang berpuasa yaitu hilangnya sifat-sifat takabur dan sombong, karena bulan puasa mengajarkan bahwa kita ini lemah dan hanya Allah SWT lah yang maha besar” tutupnya.

Sementara itu, menurut humas STIE Bank BPD Jateng, Savia Aida Putri, karena masih dalam keadaan pandemi Covid-19, acara hanya dihadiri olah pihak internal. Begitu acara kajian selesai, dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat maghrib berjamaah di mushola lantai 3.

Comments