Dorong Dosen Tingkatkan Kualitas Penelitian, STIE Bank BPD Jateng Gelar ICOBAME

Sekolah Tinggi llmu Ekonomi (STIE) Bank BPD Jateng Semarang menggelar

Dorong Dosen Tingkatkan Kualitas Penelitian, STIE Bank BPD Jateng Gelar ICOBAME

Sekolah Tinggi llmu Ekonomi (STIE) Bank BPD Jateng Semarang menggelar International Conference On Banking, Accounting, Management, and Economics (ICOBAME), Kamis (17/12/2020).

Kegiatan rutin dua tahunan itu diselenggarakan bersama 5 perguruan tinggi lainnya yaitu Unisbank, Universitas Janabadra, Unimuh Purworejo, STIE Putra Bangsa Kebumen dan Universitas Flores.

Lebih dari 300 peserta dari berbagai perguruan tinggi di 6 negara mengikuti kegiatan bertema "the dramatic change of business innovation in achieving competitive advantage and sustainability in post covid 19 era" itu. Meliputi Indonesia, Taiwan, Malaysia, Vietnam, Mali dan Thailand.

 
 
 
 
 

Ketua STIE Bank BPD Jateng, Siti Puryandani mengatakan, ICOBAME merupakan kegiatan untuk sharing terkait dengan hasil riset. Terutama dalam menyikapi era new normal ini.

"Saya berharap, ICOBAME menjadi budaya akademik baru meski kita juga memiliki kegiatan sejenis, tapi kegiatan ini internasional," kata Siti.

Banyak hal yang bisa didapatkan dalam kesempatan itu. Di antaranya bagaimana mengendalikan IT, mempelajari bernegosiasi dengan perguruan tinggi luar negeri, hingga sharing terkait penelitian dan hasilnya.

"Dengan adanya ICOBAME ini, diharapkan dosen-dosen tergerak untuk terus belajar melakukan penelitian yang lebih baik lagi, bisa memotret persoalan di sekitar sesuai dengan bidang ilmu dan kompetensi masing-masing," harapnya.

Direktur Program Magister Manajemen STIE Bank BPD Jateng, Dr Fitri Lukiastuti menuturkan, ICOBAME tak sekedar penyelenggaraan kegiatan internasional di bidang perbankan, bisnis dan ekonomi semata. Tapi menjadi forum untuk mengembangkan kerjasama internasional.

"Banyak hal yang bisa dikerjasamakan melalui ICOBAME ini. Di antaranya kerjasama yang sudah berjalan itu dalam hal penelitian, pengabdian masyarakat, pelatihan dan webinar," katanya.

Selain kerjasama antar perguruan tinggi, ICOBAME juga mendatangkan nilai lebih bagi para dosen. Khususnya terkait publikasi hasil penelitian. Pasalnya, para dosen bisa sharing dengan dosen perguruan tinggi lain dari Indonesia maupun luar negeri.

Hal itu diperlukan guna menjalankan kewajiban setiap dosen yang diharuskan melakukan penelitian dan hasilnya harus dipublikasikan pada jurnal baik terindeks Sinta maupun Scopus.

"Manfaat bagi dosen tentunya terkait jumlah publikasi yang menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yang saat ini wajib bagi dosen STIE Bank BPD Jateng adalah terpublish proceedings terindeks web of scient (wos)," tandasnya.



Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Dorong Dosen Tingkatkan Kualitas Penelitian, STIE Bank BPD Jateng Gelar ICOBAME, https://jateng.tribunnews.com/2020/12/18/dorong-dosen-tingkatkan-kualitas-penelitian-stie-bank-bpd-jateng-gelar-icobame.
 

Comments